Kemampuan Literasi Matematika Peserta Didik SMP Berdasarkan Kecemasan Matematika

Authors

  • Vita Istihapsari Universitas Ahmad Dahlan
  • YL Sukestiyarno Universitas Negeri Semarang
  • Hardi Suyitno Universitas Negeri Semarang
  • Rochmad Rochmad Universitas Negeri Semarang

Keywords:

literasi matematika; kecemasan matematika; bilangan

Abstract

Literasi matematika merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki peserta didik. Namun kemampuan literasi matematika tidak selamanya semua dapat terwujud atau terpenuhi. Salah satu hambatan dalam kemampuan literasi matematika adalah kecemasan matematika yang bisa saja dimiliki oleh peserta didik. Adanya perasaan cemas, gugup maupun takut terhadap pembelajaran matematika dapat menjadi hambatan pada pelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kemampuan literasi matematika siswa pada materi bilangan ditinjau dari kecemasan matematika tinggi, sedang dan rendah. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri dari enam siswa kelas VII yang memiliki kecemasan matematika tinggi, sedang dan rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket kecemasan matematika, tes dan wawancara. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan teknik triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan 6 subjek dalam penelitian dengan masing-masing kategori kecemasan matematika masing-masing individu tampak memiliki kemampuan literasi matematika meskipun masing-masing kategori memiliki kemampuan literasi matematika berbeda yang terpenuhi.

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles