Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Pada Model Literacy Inquiry Learning untuk Mengukur Literasi Matematika dan Self-Efficacy Siswa

Authors

  • Vera Dewi Susanti Universitas Negeri Semarang
  • YL Sukerstriyarno
  • Iqbal Kharisudin Universitas Negeri Semarang
  • Arief Agoestanto Universitas Negeri Semarang

Keywords:

perangkat pembelajaran; model literacy inquiry learning; literasi matematika; self-efficacy

Abstract

Pengembangan perangkat pembelajaran yang baik yaitu dengan merancang perangkat pembelajaran yang tidak hanya mengembangkan pengetahuan kognitif tetapi juga mengembangkan kompetensi lain seperti kemampuan literasi matematika dan sikap afektif seperti self efficacy. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika pada model literacy inquiry learning untuk mengukur literasi matematika dan self-efficacy siswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model penelitian yang dikembangkan adalah model 4-D yang telah dimodifikasi yang terdiri dari define, design, dan develop. Produk yang dikembangkan berupa rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan lembar kerja peserta didik (LKS). Pengumpulan data dilakukan melalui lembar validasi perangkat. Analisis data dilakukan dengan cara kualitatif dan kuantitatif. Hasil validitas yang diperoleh menunjukkan perangkat RPP dan LKS berada pada kriteria valid. Pada pelaksanaan uji coba perangkat pembelajaran menunjukkan hasil penilaian kemampuan guru memiliki kriteria baik, hasil pengamatan aktifitas siswa sangat efektif dan 85% respon positif dari siswa. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran matematika pada model literacy inquiry learning valid dan dapat mengukur literasi matematika dan self-efficacy siswa. 

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles