Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Metode Pembiasaan dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila di MAN 1 Jepara

Authors

  • Tutik Wijayanti Universitas Negeri Semarang
  • Suwito Suwito Universitas Negeri Semarang
  • Masrukhi Masrukhi Universitas Negeri Semarang
  • Maman Rachaman Universitas Negeri Semarang
  • Muhammad Andi Kurniawan Universitas Negeri Semarang

Keywords:

penguatan karakter; metode pembiasaan; profil pelajar pancasila

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan guna mengkaji implementasi penguatan pendidikan karakter melalui metode pembiasaan sebagai upaya mewujudkan Profil Pelajar Pancasila di MAN 1 Jepara. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis interaktif model Miles dan Huberman. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembiasaan sangat efektif digunakan dalam penguatan pendidikan karakter peserta didik, karena melalui metode pembiasaan peserta didik dapat secara aktif terlibat untuk membiasakan perilaku dan tindakan baik secara konsisten dan terus-menerus sehingga habituasi kebaikan tersebut menjadi sebuah budaya yang dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab dan tanpa paksaan. Observasi dilakukan di lakukan dengan melihat secara langsung implementasi penguatan pendidikan karakter melalui metode pembiasaan dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila, sedangkan wawancara dilakukan Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan didik MAN 1 Jepara sebagai data primer penelitian. Penelitian ini menemukan fakta bahwa metode pembiasaan berbasis habituasi kebaikan melahirkan obor semangat penguatan karakter peserta didik di MAN 1 Jepara dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles