Strategy Metacognisi pada Pembelajaran Kelas Menyimak untuk Mempersiapkan Siswa Sebagai Pembelajar yang Mandiri

Authors

  • Titis Sulistyowati Universitas Negeri Semarang
  • Januarius Mujiyanto Universitas Negeri Semarang
  • Dwi Rukmini Universitas Negeri Semarang
  • Rudi Hartono Universitas Negeri Semarang

Keywords:

metakognitif; menyimak; strategi pembelajaran; bahasa inggris

Abstract

Makalah ini menyajikan deskripsi tentang bagaimana strategi metakognisi diterapkan dalam proses menyimak dalam pembelajaran Bahasa Inggris sebagai bahasa asing (EFL) dan penerapan kesadaran metakognisi yang dilakukan siswa dalam proses menyimak. Metakognisi sering dianggap sebagai kemampuan untuk secara kritis menganalisis dan mengendalikan proses memperoleh pengetahuan tertentu, atau, dalam strategi mendengarkan, itu mengacu pada memiliki kesadaran diri tentang apa yang akan didengarkan dan mengendalikan proses berpikir. Hal ini terkait erat dengan pengembangan strategi berpikir yang tepat pada setiap tahap proses menyimak dan memahami. Makalah ini akan menguraikan langkah-langkah dalam mengatur strategi metakognitif dalam kegiatan menyimak pada kelas Bahasa Inggris (EFL). Strategi ini mencakup serangkaian tahap yang melibatkan perencanaan, pemantauan, dan peninjauan. Strategi metakognitif dapat membantu siswa merencanakan, memantau, dan memodifikasi pemecahan masalah mereka dalam proses menyimak; termasuk pengajaran mandiri dan pemantauan diri. Strategi ini mempermudah siswa untuk mencari cara pemecahan masalah yang mereka hadapi secara mandiri dengan lebih baik.

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles