Penerapan Model Blended Learning pada Era New Normal di Kelas Lexical Studies

Authors

  • Theresia Cicik Sophia Budiman Universitas Negeri Semarang
  • Januarius Mujiyanto Universitas Negeri Semarang
  • Sri Wuli Fitriati Universitas Negeri Semarang
  • Widhiyanto Widhiyanto Universitas Negeri Semarang

Keywords:

model blended learning; era new normal; lexical studies

Abstract

Model Blended Learning pada era new normal masih bisa diterapkan. Model pembelajaran yang merupakan gabungan dari pembelajaran luring dan daring dapat diterapkan pada pembelajaran di tingkat sekolah dasar, menengah, atas ataupun pendidikan tinggi. Model blended learning menurut Horn dan Staker (2012) ada empat yaitu model Rotasi, Flex, Self-blend, dan Enriched Virtual. Peneliti menggunakan satu model yaitu model Enriched Virtual untuk diterapkan pada kelas Lexical Studies, semester 2, pada Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas PGRI Semarang. Penelitian ini bertujuan menerapkan model Enriched Virtual di kelas Lexical Studies pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Jumlah populasi di kelas Lexical Studies adalah 67 orang yang juga menjadi sampel penelitian. Data diambil dari desain RPS, lembar observasi di 2 kelas, dan hasil Penilaian Tengah Semester (PTS) dan Penilaian Akhir Semester (PAT). Penelitian menghasilkan desain RPS yang kemudian diterapkan dalam 2 kelas Lexical Studies dengan menggunakan model Enriched Virtual. Penerapan model dilakukan dengan moda daring dan luring dalam 16 kali pertemuan yang meliputi 14 kali pertemuan baik daring ataupun luring dan 2 kali penilaian secara daring. Alokasi waktu untuk masing-masing pertemuan adalah 150 menit dengan beban 3 sks. Dari hasil total nilai mean PTS yaitu 77,98 dan total nilai mean PAS yaitu 79,54 dapat disimpulkan bahwa baik nilai PTS ataupun nilai PAS dalam kategori baik. Ini membuktikan bahwa penerapan model Enriched Virtual dalam pembelajaran Lexical Studies dapat memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa guna mencapai tujuan pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa.  

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles