Pengajaran IPA, Pendekatan STEM dan Kearifan lokal dalam mitigasi bencana: Sebuah studi review tahun 2011-2019

Authors

  • Syubhan Annur Universitas Negeri Semarang
  • Ani Rusilowati Universitas Negeri Semarang
  • Suprijadi Suprijadi Universitas Negeri Semarang
  • Woro Sumarni Universitas Negeri Semarang

Keywords:

STEM; relijius; kearifan lokal; mitigasi bencana

Abstract

Pembelajaran Abad ke21 merupakan pembelajaran yang menekankan kepada siswa memiliki pengetahuan dan keterampilan saintifik, ketrampilan teknologi, memiliki sikap atau norma keyakinan, penguasaan mekanis, dan ketrampilan matematika. Artikel ini menyajikan review pada studi empirisme yang diterbitkan pada tahun 2011-2019 dengan tujuan membahas pendekatan STEM berbasis kearifan lokal. Tujuh puluh artikel dianalisis secara deskriptif dan substantif. gambaran kita tentang sifat, lingkup, dan berbagai penelitian yang dipublikasikan dalam artikel ini menyoroti bahwa kebanyakan studi berfokus pada pendekatan dan model mengajar STEM, Kearifan lokal, kebencanaan dan faktor studi agama dalam membangun sikap pengetahuan peserta didik. Penulis berpendapat bahwa lebih luas perspektif teoritis bisa menambah wawasan segar untuk pertanyaan mengapa orang memilih pendekatan, strategis dan model pembelajaran dalam proses belajar mengajar di kelas. Implikasi penelitian ini untuk mencari keterbaharuan dalam hasil-hasil penelitian pendidikan berkelanjutan.

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles