Korelasi Literasi Digital dan Plagiarisme Mahasiswa
Keywords:
literasi digital; plagiarisme; teknologi; mahasiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis korelasi antara literasi digital dan plagiarisme mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis korelasional. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa Sekolah TinggiAgama Buddha Negeri Sriwijaya berjumlah 130. Pengumpulan data menggunakan teknik nontes, sedangkan instrumen pengumpulan data adalah kuesioner. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi Pearson. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan yang signifikan antara literasi digital dan plagiarisme mahasiswa, dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,017 < 0,05; (2) korelasi antara literasi digital dan plagiarisme mahasiswa bernilai positif, yang berarti semakin tinggi tingkat literasi digital, maka semakin tinggi pula plagiarisme mahasiswa; (3) derajat hubungan antara literasi digital dan plagiarisme mahasiswa termasuk dalam kategori lemah, ditunjukkan dengan nilai Pearson Correlation sebesar 0,21. Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Sriwijaya harus memberikan bekal literasi digital dan pemahaman plagiarisme yang benar kepada mahasiswa. Selain itu, penanaman etika dalam memanfaatkan teknologi informasi serta dan penetapan regulasi sebagai upaya preventif tindakan plagiarisme juga harus diperkuat.