Supervisi Guru Bahasa Indonesia Melalui Alat Penilaian Kompetensi Guru (APKG) Pada Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia

Authors

  • Suhud Aryana Universitas Negeri Semarang
  • Ida Zulaeha Universitas Negeri Semarang
  • Rahayu Pristiwati Universitas Negeri Semarang
  • Haryadi Haryadi Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Supervisi; APKG 1; APKG 2; Guru Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang bersifat evaluatif. Tujuan penelitian untuk mengetahui dan mengukur sejauh mana kualitas kompetensi guru bahasa Indonesia melalui Alat Penilaian Kompetensi Guru (APKG). Penilaian APKG yang digunakan APKG 1 dan APKG 2, yaitu pada rencana pelaksanaan pembelajaran dan proses pembelajaran. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Objek penelitian guru SD kelas rendah, guru SD kelas tinggi, Guru SMP dan Guru MA. Teknik analisis data penelitian menggunakan metode simak dengan teknik sadap serta berlanjut pada teknik simak catat pada video youtube. Hasil dari penelitian yaitu pertama, nilai APKG 1 kualitas RPP SD kelas rendah 84.70 dan APKG 2 pelaksanaan pembelajaran dengan nilai 82.22 dikatakan kedua nilai tersebut memilki kriteria baik sekali. Kedua, hasil supervisi observer pada APKG 1 dan APKG 2 SD kelas tinggi dengan nilai APKG 1 78,22 dan APKG 2 77,22 hasil menujukan kriteria APKG 1 kualitas penyusunan RPP dan APKG 2 kualitas pelaksanaan pembelajaran kriteria baik. Ketiga, hasil nilai APKG 1 dan APKG 2 pada SMP dengan nilai APKG 1 kualitas RPP 97.06 dan APKG 2 kualitas pelaksanaan pembelajaran 97,78 dikatakan kriteria sangat baik/sangat lengkap.  Selanjutnya keempat, nilai pada APKG 1 dan APKG 2 pada jenjang MA atau SMA nilai yang diperoleh, yaitu APKG 1 kualitas penyusunan  RPP 91,76 kriteria sangat baik dan kualitas pelaksanan pembelajaran yang dilakukan oleh guru 68,33 kriteria cukup.

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles