Efektivitas Konseling Kelompok Untuk Mengembangkan Konformitas Siswa

Authors

  • Suhendri Suhendri Universitas PGRI Semarang
  • DYP Sugiharto Universitas Negeri Semarang
  • Mungin Edy Wibowo Universitas Negeri Semarang
  • Mulawarman Mulawarman Universitas Negeri Semarang

Keywords:

konseling kelompok; konformitas siswa

Abstract

Kecenderungan siswa yang kuat terhadap konformitas ini untuk mengikuti harapan kelompok mengenai seharusnya bertindak di berbagai situasi. Perilaku menyimpang yang dilakukan oleh remaja merupakan karena tekanan kelompok yang menimbulkan cara berpikir, motivasi serta tindakan yang tidak normatif atau irasional. Tujuan penelitian untuk mengembangkan konformitas siswa secara baik. Metode penelitian mengunakan pendekatan kuantitatif, desain penelitian pretest and multiple  posttest design, uji efektivitas repetead measure ANOVA dan teknik pengumpulan data teknik delpi, instrument penelitian yaitu skala psikologis tentang konformitas siswa. hasil analisis pengukuran pretest (T1), postest pertama (T2) dan follow up (T3), diketahui adanya perubahan skor rerata konformitas siswa pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol setelaah diberi perlakukan berupa konseling kelompok untuk mengembangkan konformitas siswa. Kesimpulan penelitian bahwa konseling kelompok efektif mengembangkan konformitas siswa pada kelompok eksperimen setelah diberi layanan konseling kelompok. Manfaat hasil penelitian ini adalah memberikan informasi kepada konselor bahwa konsleing kelompok dapat digunakan untuk mengembangkan konformitas siswa.

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles