Efektifitas Problem Solving Menggunakan Alat Peraga Pada Pokok Bahasan Model Matematika

Authors

  • Sudarsono Sudarsono Universitas Negeri Semarang
  • Kartono Kartono Universitas Negeri Semarang
  • Mulyono Mulyono Universitas Negeri Semarang
  • Scolastika Mariani Universitas Negeri Semarang

Keywords:

problem solving; alat peraga; model matematika

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa yang disebabkan karena siswa kurang aktif dimana pembelajaran masih didominasi oleh guru. Salah satu langkah yang tepat dalam meningkatkan keterampilan siswa dalam aspek pemecahan masalah adalah dengan menggunakan alat peraga.”Tujuan melakukan penelitian ini ingin mengetahui keefektifan pemecahan masalah menggunakan alat peraga pokok bahasan model matematik siswa kelas IV SD Negeri. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian ini yaitu semua kelas IV SDN dan adapun teknik mengambil sampelnya adalah sampling jenuh. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa persentase 88% berada antara 80-89%, sehingga dapat disimpulkan bahwa keefektifan problem solving melalui penggunaan alat peraga  pada mata pelajaran model matematika adalah “ kategori baik.

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles