Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Matriks ditinjau dari Kecerdasan Interpersonal

Authors

  • Soleha Soleha Universitas Swadaya Gunung Jati
  • Ferry Ferdianto Universitas Swadaya Gunung Jati

Keywords:

kecerdasan interpersonal; kemampuan komunikasi matematis dalam menyelesaikan soal matriks

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan analisis kemampuan komunikasi matematis siswa SMA dalam menyelesaikan soal matematika ditinjau dari kecerdasan interpersonal. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes dan wawancara. Pendukung instrumennya berupa angket kecerdasan interpersonal, tes kemampuan komunikasi matematis tulis, dan pedoman wawancara. Subjek yang akan diambil dalam penelitian ini adalah 3 siswa yang mempunyai kategori tinggi, sedang, dan rendah dalam tingkatan kecerdasan interpersonal, yang kemudian akan dianalisis kemampuan komunikasi matematisnya guna untuk mengetahui apakah siswa yang mempunyai kategori dalam kecerdasan interpersonal akan bagus juga dalam kemampuan komunikasi matematisnya. Hasil penelitian diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal tinggi sudah mampu menjelaskan semua yang dimaksud pada soal, siswa dengan kecerdasan interpersonal sedang belum mampu menjelaskan kesimpulan karena ada kesalahan dalam proses perhitungan jawaban soal, dan siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal sedang belum mampu menjelaskan kesimpulan karena ada kesalahan dalam proses perhitungan jawaban soal.

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles