Efektivitas Permainan Engklek Al Basha’ir Terhadap Kemampuan Awal Mengenal Huruf Hijaiyyah pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Islam Al Madina, Kota Semarang

Authors

  • Siti Mardiati Yuni Eka Wulandari Universitas Negeri Semarang
  • Tri Suminar Universitas Negeri Semarang
  • Siti Nuzulia Universitas Negeri Semarang

Keywords:

engklek, kognitif, hijaiyyah, anak usia dini

Abstract

Engklek Al Basha’ir merupakan permainan tradisional yang mempunyai nama asli “Zondang Maandag”, berasal dari bahasa Belanda. Menurut sejarahnya permainan Zondang Maandag ini dibawa oleh Belanda pada masa penjajahannya di negara Indonesia. Permainan dimodifikasi sebagai pengenalan huruf Hijaiyyah pada 4 tahapan yaitu huruf gundul, menulis huruf, huruf berharokat, huruf sambung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal Huruf Hijaiyyah anak kelompok A melalui penerapan media Engklek Al Basha’ir. Metode penelitian ini adalah Pre-experimental design dengan one-group pretest-posttest design. Populasi penelitian merupakan siswa kelompok A usia 4-5 tahun TK Islam Al Madina Semarang. Sampel penelitian terdiri dari 30 dengan teknik sampling jenuh. Metode pengumpulan data penelitian ini adalah metode tes dan metode dokumentasi. Pelaksanaan dalam 12 kali treatment. Pengumpulan data dilakukan dua kali, yaitu tes sebelum diberikan perlakuan (pretest) dan tes setelah diberikan perlakuan (posttest). Pada proses pelaksanaan melibatkan observer yaitu dua orang guru kelas serta peneliti sendiri. Hasil perhitungan uji hipotesis  diperoleh nilai – t tabel > t hitung > t tabel, yaitu (- 2.045 > -16.640 atau 16.640 > 2.045), dengan sig = 0.000. Perbedaan yang signifikan dapat dilihat dari nilai sig 2 tailed  < 0,05 yaitu 0,000. Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Engklek Al Basha’ir memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan mengenal huruf hijaiyyah anak kelompok A. Saran: 1) Kemampuan mengenal huruf hijaiyyah pada anak usia 4-5 tahun dapat dilakukan dengan menggunakan media Engklek Al Basha’ir. 2) Pemberian materi pengenalan huruf hijaiyyah dapat diberikan melalui 4 variasi tahap Engklek Al Basha’ir agar dapat terealisasi dengan baik.

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles