Literasi Matematika ditinjau dari Kemampuan Analogi Matematis Mahasiswa pada Materi Persamaan Diferensial Orde Satu

Authors

  • Siti Kholifah Universitas Negeri Semarang
  • St. Budi Waluya Universitas Negeri Semarang
  • Widowati Widowati Universitas Negeri Semarang
  • Walid Walid Universitas Negeri Semarang

Keywords:

literasi matematika; kemampuan analogi matemats, persamaan diferensial

Abstract

Literasi matematika merupakan suatu kemampuan esensial bagaimana pelajar memiliki proses berpikir secara matematis. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan literasi matematika mahasiswa yang ditinjau dari kemampuan analogi matematis dalam menyelesaikan persamaan diferensial orde satu. Jenis penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif dengan focus penelitian mahasiswa dengan kemampuan analogi matematis tinggi dan rendah untuk mengetahui gambaran proses kognisi literasi matematika. Instrumen yang diberikan berupa tes kemampuan analogi matematis dan tes literasi matematika. Hasil tes dan wawancara dianalisis menunjukkan bahwa subjek dengan kemampuan analogi matematis tinggi yaitu U-01 dan U-02 memiliki perbedaan dalam menyelesaikan tes KAM. Subjek U-01 mampu mengidentifikasi serta memodelkan permasalah kedalam bahasa matematika, mampu merancang strategi untuk mencapai solusi, namun kurangnya kepercayaan diri dalam menerapkan struktur matematika sehingga untuk menguatkan hasil serta menginterpretasikan ke kondisi nyata tidak maksimal dalam menyelesaikan soal kontekstual. Subjek U-02 mampu memenuhi indikator literasi matematika dengan baik, diperdalam dengan hasil wawancara subjek mampu mengidentifikasi aspek permasalahan dengan percaya diri karena pemahaman yang subjek miliki sebelumnya meskipun tidak menuliskan rumusan permasalahan dalam lembar jawab. Sedangkan subjek dengan kemampuan analogi matematis rendah, yaitu L-01 dan L-02 memiliki kecenderungan yang sama dimana kesulitan memahami permasalahan kontekstual, sulit mengidentifikasi serta membuat model matematika dalam permasalahan yang dibangun dengan persamaan diferensial, sehingga indikator literasi matematika tidak dapat terpenuhi dengan baik.

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles