Pemanfaatan Trello sebagai Ruang Argumentasi Ilmiah Kolaboratif pada Pelatihan Guru Fisika

Authors

  • Muhammad Miftakhul Falah Universitas Negeri Semarang
  • Hartono Hartono Universitas Negeri Semarang
  • Sunyoto Eko Nugroho Universitas Negeri Semarang
  • Saiful Ridlo Universitas Negeri Semarang

Keywords:

argumentasi ilmiah; kolaborasi; trello

Abstract

Argumentasi ilmiah merupakan keterampilan penting yang perlu dimiliki oleh guru. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi memberi ruang dalam berkolaborasi. Salah satunya menggunakan Trello. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan Trello sebagai ruang maya untuk membangun argumentasi ilmiah kolaboratif pada pelatihan guru Fisika. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah 35 guru Fisika MA yang mengikuti pelatihan jarak jauh secara daring khususnya mata pelatihan Termodinamika. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah catatan aktivitas (log activity) pada aplikasi Trello. Hasil penelitian menunjukkan bahwa platform Trello dapat digunakan sebagai ruang maya argumentasi ilmiah kolaboratif khususya pelatihan guru fisika. Tahapan penggunaan Trello dalam membangun argumentasi ilmiah kolaboratif dimulai dari stimulasi permasalahan, klaim setiap kelompok, pencarian bukti, melakukan gradasi bukti serta penalaran kelompok.

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles