TEKNOLOGI CASTING DAN SCULPTING PADA MEDIA MEWARNI 3D DI ROUDLOTUL ATHFAL (RA) DI KABUPATEN KUDUS

  • Muh Shofiyuddin Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Naili Rohmah Pendidikan Guru PAUD, Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
Keywords: casting, mewarnai, sculpting, roudlatul athfal.

Abstract

Latar Belakang: Mewarnai merupakan kegiatan pembelajaran yang cukup diminati oleh siswa. Kegiatan ini umumnya dilakukan menggunakan buku atau kertas mewarnai. Hal ini dapat menurunkan minat siswa karena sifatnya yang hanya 2 dimensi atau hanya dapat dilihat dari satu sisi. RA Nurul Haq dan RA Matholibul Ulum, merupakan RA di Kudus yang sudah mengembangkan media mewarnai dalam pembelajaran dengan menggunakan gerabah karena bersifat tiga dimensi (3D) sehingga terlihat lebih nyata sekaligus dapat meningkatkan kreativitas serta minat siswa. Gerabah juga bermanfaat sebagai mainan atau pajangan. Meskipun demikian, penggunaannya masih belum efektif dengan pengadaan dan persiapannya yang membutuhkan waktu dan proses tambahan yang cukup lama.

Metode: Penulis membantu kedua mitra melalui program kemitraan masyarakat dengan pendampingan kemandirian kedua RA dalam pengadaan media mewarnai berbasis 3D. Penulis memberikan pendampingan perencanaan, proses dan produksi media mewarnai 3D melalui teknik Casting dan Sculpting dengan bahan dan material yang mudah didapat yaitu bahan gypsum.

Hasil : Dengan pelaksanaan kegiatan pengabdian ini dapat menghasilkan luaran; 1) peningkatan daya saing yang berupa produk media mewarnai 3 dimensi, 2) Peningkatan penerapan iptek di kedua RA serta inovasi TTG yang berupa produk maupun kemampuan membuat dan mengadakan media mewarnai 3D secara mandiri.

Published
2019-02-01