KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMK DITINJAU DARI JIWA KEWIRAUSAHAAN PADA PROJECT BASED LEARNING DENGAN ASESMEN PROYEK

  • Daroinis Sa’adah Pendidikan Matematika Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang
  • Masrukan Masrukan Pendidikan Matematika Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang
  • Scolastika Mariani Pendidikan Matematika Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang
Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis, Jiwa Kewirausahaan, Project Based Learning, Asesmen Proyek

Abstract

Latar Belakang: Studi literatur menunjukkan bahwa kemampuan pemikiran yang kritis dari siswa di Indonesia masih belum maksimal. Salah satu model pembelajaran yang diyakini efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMK adalah Project Based Learning dengan Asesmen Proyek. Jiwa kewirausahaan adalah ciri khas yang harus dimiliki oleh siswa SMK. Jiwa Kewirausahaan siswa tidak bisa muncul begitu saja hanya dengan metode pembelajaran matematika yang konvensional. Jiwa kewirausahaan membutuhkan pembiasaan melalui pengalaman-pengalaman yang signifikan untuk menghadapi keadaan yang baru. Dengan penerapan Project Based Learning siswa diyakini mampu memahami konsep dengan lebih maksimal serta mampu menyelesaikan masalah kritis. Pada saat siswa diberi kesempatan untuk mengajukan persoalan, akan berguna untuk mengembangkan keterampilan matematika maupun berpikir kritisnya dalam menyelesaikan persoalan tersebut. Ketika guru menerapkan Project Based Learning dengan asesmen proyek diharapkan mampu untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritisnya ditinjau dari jiwa kewirausahaan.

Published
2019-02-01