PEMANFAATAN BUNDENGAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KONSEP BUNYI

  • Sundari Sundari Prodi Pendidikan IPA Pascasarjana Universitas Negeri Semarang
  • Woro Sumarni Prodi Pendidikan Kimia Pascasarjana Universitas Negeri Semarang
Keywords: Bundengan, Konsep Bunyi, Tanggapan Peserta Didik

Abstract

Latar Belakang: Pembelajaran IPA di sekolah yang memperhatikan budaya/kearifan lokal di sekitar peserta didik akan memberikan konsekuensi peserta didik menerima konsep-konsep IPA yang dipelajari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tanggapan peserta didik setelah proses pembelajaran menggunakan media Bundengan pada konsep bunyi.

Metode: Desain penelitian menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah 256 peserta didik kelas IX SMP Negeri 2 Selomerto Kabupaten Wonosobo. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling dengan teknik proportionale stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket (kuesioner). Angket menggunakan skala Likert dengan 4 skala.

Hasil: Hasil penelitian menunjukkan nilai indeks dari perhitungan tanggapan peserta didik terhadap proses pembelajaran menggunakan media Bundengan pada konsep bunyi membuat peserta didik senang mengikuti pembelajaran sebesar 80,34% dan membuat peserta didik memahami konsep bunyi sebesar 85%.

Simpulan: Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peserta didik sangat setuju dengan pemanfaatan Bundengan sebagai media pembelajaran konsep bunyi membuat peserta didik senang dan memahami konsep bunyi.

Published
2019-02-01