SURVEI ASPIRASI TENTANG KOMPETENSI PASCASARJANA BIDANG PAUD

  • Yuli Kurniawati Sugiyo Pranoto Program Studi PAUD S2, Universitas Negeri Semarang
  • Lita Latiana Program Studi PAUD S2, Universitas Negeri Semarang
  • Sri Sularti Dewanti Handayani Program Studi PAUD S2, Universitas Negeri Semarang
Keywords: aspirasi, kompetensi, pascasarjana

Abstract

Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan survey untuk menggambarkan aspirasi kritis mahasiswa dan alumni terhadap harapan dan realita kebermanfaatan terhadap kompetensi yang dimiliki. Hasil rekaman disalin dalam bentuk verbatim, untuk selanjutnya dianalisis. Data yang diperoleh kemudian di analisis dan interpretasi dengan membuat kode list, prosentase, dan nilai frekuensi. Data yang diperoleh akan dibandingkan satu dengan yang lainnya untuk meningkatkan reliabilititas dan validitas data. Data di analisis satu per satu dan menyimpulkan tema umum.

Hasil: Berdasarkan hasil interview mengenai aspirasi pada sejumlah subjek penelitian yaitu 43 mahasiswa, terdapat dua poin utama yang dapat digambarkan sebagai berikut: harapan dan realita. Harapan para mahasiswa dapat dijabarkan sebagai berikut: meningkatkan kualifikasi akademik sesuai dengan tuntutan dunia kerja; meningkatkan profesionalitas; dan lulus tepat waktu; proses pembelajaran ramah siswa, fasilitas kampus. Adapun realita, dapat dijabarkan sebagai berikut: mendapatkan pengalaman dan kemampuan yang memadai; persyaratan kelulusan yang cukup berat; faktor pribadi memberikan pengaruh besar; dan penegakkan perkuliahan yang ramah terhadap semua agama, fasilitas. Berdasarkan hasil survey aspirasi mahasiswa Prodi PAUD S2, dapat menjadi bahan kajian lebih lanjut untuk analisis dan pengembangan kelembagaan. Penguatan kapasitas kelembagaan, di sisi lain, merupakan suatu pendekatan pembangunan di mana semua orang (pihak) memiliki hak yang sama terhadap sumberdaya, dan menjadi perencana pembangunan bagi diri mereka

Author Biographies

Lita Latiana, Program Studi PAUD S2, Universitas Negeri Semarang

Sri Sularti Dewanti Handayani, Program Studi PAUD S2, Universitas Negeri Semarang

Published
2019-02-01