INDEKS KEPUASAN BAGI LULUSAN SERTA PENGGUNA LULUSAN PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING S2 PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

Authors

  • Ghanis Putra Widhanarto Universitas Negeri Semarang
  • Mungin Eddy Wibowo Prodi Bimbingan dan Konseling,Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Anugrah Intan Cahyani Prodi Bimbingan dan Konseling,Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Sri Rahmah Ramadhoni Prodi Bimbingan dan Konseling,Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Keywords:

Indeks Kepuasan, Lulusan, Pengguna Lulusan

Abstract

Latar Belakang: Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan  menganalisa tingkat/ indeks kepuasan lulusan Program Studi Magister (S2) Bimbingan dan Konseling Pascasarjana UNNES,  dan tingkat/ indeks kepuasan pengguna lulusan Program Studi Magister (S2) Bimbingan dan Konseling Pascasarjana UNNES serta untuk mengetahui ada atau tidaknya kesesuaian antara indeks kepuasan lulusan dengan pengguna lulusan Program Studi Magister (S2) Bimbingan dan Konseling Pascasarjana UNNES.

Metode: Jenis Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subyek pada penelitian ini adalah Lulusan dan Pengguna Lulusan Program Studi Bimbingan dan Konseling Pascasarjana UNNES.

Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkap kepuasan lulusan ialah sebesar 0% tidak puas, 18% cukup puas dan 82% puas. Sedangkan tingkat kepuasan pengguna lulusan ialah sebesar 30% kurang puas, 45% cukup puas dan 25% untuk kategori sangat puas.

Simpulan: Tingkat kepuasan masing-masing lulusan maupun pengguna lulusan tentunya dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya ialah adanya kebutuhan yang berbeda sehingga menghasilkan tingkat kepuasan yang berbeda pula.

Downloads

Published

2019-02-01

Issue

Section

Articles