Peran Ethnomatematika pada Pembelajaran Visualization, Auditory, Kinesthetic (VAK) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Authors

  • Abdullah Abdullah
  • Wardono Wardono
  • Dwijanto Dwijanto

Keywords:

Etnomatematika, VAK, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Abstract

Matematika merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
modern, memajukan daya pikir serta analisa manusia. Matematika merupakan ilmu universal yang mendasari
perkembangan teknologi modern karena matematika memiliki peran penting yang menjadi sarana dalam
pemecahan masalah kehidupan.Berdasarkan hasil PISA pada tahun 2015 menunjukkan bahwa Indonesia
berada peringkat 62 dari 72 negara artinya bahwa kemampuan literasi yang salah satunya meliputi kemampuan
pemecahan masalah matematis khususnya di SMP masih rendah. Salah satu cara agar kemampuan pemecahan
masalah matematis meningkat adalah dengan pembelajaran yang inovasi. VAK merupakan pembelajaran
dengan tiga tahapan yaitu vizualitation, auditory, kinesthetic. Pembelajaran VAK adalah pembelajaran yang
mengoptimalkan ketiga modalitas belajar untuk menjadikan siswa merasa nyaman. Pembelajaran VAK
mementingkan pengalaman belajar secara langsung dan menyenangkan. Pembelajaran VAK jika dilengkapi
dengan nuansa etnomatematika yang sesuai dengan kemampuan pemecahan masalah matematis. Praktik
budaya memungkinkan tertanamnya kemampuan pemecahan masalah. Etnomatematika memunculkan kearifan
budaya sehingga mampu memotivasi siswa dalam pembelajaran matematika. Jadi, dari beberapa penjelasan
tersebut jelas bahwa etnomatematika berperan untuk melihat kemampuan pemecahan masalah matemtis
padapembelajaran VAK.

Downloads

Published

2020-01-07

Issue

Section

Articles