Survei Kebugaran Jasmani Siswa Kelas VI SDN Seddur I

  • Agung Dwi Darmawan
  • Bambang Arif Pratama
Keywords: Survei, Kebugaran Jasmani

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi dengan belum adanya data tentang tingkat kebugaran jasmani siswa Kelas VI SDN
Seddur I. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat Kebugaran jasmani siswa kelas Kelas VI SDN
Seddur I. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV
yang berjumlah 20 orang anak laki-laki 12 orang dan perempuan 8 orang. Metode dalam penelitian ini menggunakan
teknik tes dan pengukuran. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kesegaran jasmani menggunakan instrumen
Tes TKJI 2010 Usia 10-12 Tahun. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan standar norma kebugaran
jasmani dari TKJI untuk mengukur tingkat kesegaran jasmani siswa. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa rat-rata
hasil tes lari 40 meter putra 6,74 detik detik kategori Baik dan putri 7.13 detik kategori Baik. Rata-rata hasil tes Lari
600 meter putra mendapatkan hasil 2,21 menit dan putri 2,34 menit. Rata-rata hasil tes Loncat Tegak putra adalah
36,71 cm kategori Baik dan putri 28 cm kategori Sedang. Hasil tes Baring Duduk putra mendapatkan hasil rata-rata
16,64 kali kategori Sedang dan putri 7,33 kali kategori Sedang. Hasil tes Gantung Siku Tekuk mendapatkan rata-rata
24,5 detik kategori Sedang dan Putri 14,33 detik kategori Sedang Dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran
Circuit Training dapat dijadikan acuan bagi guru pendidikan jasmani dalam Tema Kebugaran Jasmani Khususnya
siswa anak kelas VI.

Published
2020-01-07