Perencanaan Penganggaran Pendidikan Berbasis Manajemen Biaya Terpadu Di SD Negeri Lotelutun Kecmatan Rote Barat Daya Provinsi NTT

  • Agustina Henukh Pacasarjana, Universutas Negeri Semarang
Keywords: Perencanaan, penganggaran, Pendidikan, Manajemen Terpadu

Abstract

Manajemen Pembiayaan Pendidikan adalah segenap kegiatan yang berkenaan dengan perencanaan, penggunaan (pelaksanaan) dan pertanggungjawaban dana pendidikan di lembaga pendidikan atau sekolah. Secara umum kegiatan pokok yang ada dalam manajemen pembiayaan pendidikan meliputi:
(1).Perencanaan anggaran (Budgeting) yaitu kegiatan mengkoordinir semua sumber daya yang tersedia untuk mencapai sasaran yang diinginkan secara sistematik.(2) Pelaksanaan (implementation involves accounting), yaitu penggunaan dana berdasarkan rencana yang telah dibuat.(3) Pertanggung- jawaban (auditing),yaitu proses penilain terhadap pelaksanaan program yang telah dibuat untuk pencapaian tujuan. Penyusunan anggaran (penganggaran) berangkat dari rencana kegiatan atau program yang telah disusun, kemudian diperhitungkan berapa biaya yang diperlukan untuk melaksanakan kegiatan tersebut, Namun, kadang-kadang dari jumlah dana yang tersedia baru mulai menyusun rencana tentangbagaimana dana tersebut dihabiskan. Sering dalam perencanaan penganggaran kurang melibat stakeholder yang ada di sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif. Fokus penelitian yaitu perencanaan penganggaran pendidikan.Data yang dikumpulkan bersumber dari Kepala SD Negeri Lotelutun Kabupaten Kupang Nusa Tenggara Timur. Data dikumpulkan pada Desember 2018. Simpulan dari penelitian ini adalah. Mekanisme perencanaan penganggaran telah dilakukan tapi belum maksimal. Sistem perencanaan anggaran, dalam hal ini dana BOS belum optimal di SD Negeri Lotelutun.

Published
2020-01-07