Peningkatan Hasil Tes pada Kesadaran Berkonstitusi dengan Permainan Tradisional „Ular Naga‟ pada Peserta Didik Kelas VIII MTs Negeri 3 Demak

  • Ahmadun Ahmadun PPS Unnes, Jl Kelud Utara No. 3, Semarang, Indonesia
Keywords: Permainan Tradisional „Ular Naga‟, Kedaulatan Negara.

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini merupakan langkah-langkah yang dilakukan dalam pembelajaran PKn dengan
menggunakan model pembelajaran permainan tradisional „Ular Naga‟; dan peningkatan kesadaran
berkonstitusi pada peserta didik. Metode yang dilakukan pada Tahap awal dilakukan tes berupa pretes sebagai
tahap pra siklus. Tahapan dilakukan dengan Siklus 1 dan siklus 2. Tahapan Siklus 1, peserta didik diberikan
materi tentang Kesadaran konstitusi meliputi Proklamasi kemerdekaan dan konstitusi yang pertama. Setelah
itu, siswa diberikan postes tahap 1 untuk mengukur hasil tes siswa. Tahapan siklus 2 siswa diberikan materi
tentang kesadaran berkonstitusi meliputi Konstitusi-konstitusi yang pernah digunakan di Indonesia, dan
Hubungan Dasar Negara dengan Konstitusi dengan teknik permainan tradisional „Ular Naga‟. Siklus 2
diberikan postes. Instrumen yang digunakan dalam pembelajaran adalah lembar soal, dan lembar observasi
dengan permainan tradisional „Ular Naga‟. Hasil penelitian dapat dilihat adanya peningkatan nilai rata-rata
dari siklus 1 dan siklus 2 sebesar 21.25%. PPKn dengan menggunakan model pembelajaran permainan
tradisional „Ular Naga‟ dapat dilaksanakan dengan mudah, efektif, efisien dan menyenangkan, melibatkan
siswa secara nyata dan langsung dalam mempelajari materi, sehingga siswa tanpa disadari peserta didik dapat
bermain sambil belajar. Simpulan dengan menggunakan model pembelajaran permainan tradisional „Ular
Naga‟ sebagai upaya menumbuhkan kesadaran berkonstitusi, prestasi dan antusiasme dalam proses
pembelajaran.

Published
2020-01-07