Modul Daring Berbasis Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif

  • Aliq Fiya Kamalasari b Program Studi Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Y L Sukestiyarnob Program Studi Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Adi Nur Cahyono Program Studi Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Keywords: Modul Daring, Creative Problem Solving, Kemampuan Berpikir Kreatif.

Abstract

Tujuan pembelajaran di abad 21 memiliki karakteristik 4C, yaitu; Communication, Collaboration, Critical
Thinking and Problem Solving, Creativity and Innovation. Kemampuan berpikir kreatif merupakan salah satu
kemampuan matematis yang esensial yang perlu dikuasai dan dikembangkan pada siswa. Salah satu komponen
yang menunjang upaya peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui pembelajaran yaitu
penggunaan bahan ajar yang disesuaikan dengan karakteristik dan kebutuhan siswa. Modul yang
mengakomodasi kemampuan berpikir kreatif yaitu modul yang didukung dengan penggunaan model
pembelajaran yang tepat sehingga mampu membuat peserta didik belajar dengan efektif. Di era perkembangan
teknologi digital yang sangat pesat, berkembang pula media pembelajaran yang memanfaatkan berbagai
keunggulan era digital. Kelebihan tersebut di antaranya pembelajaran menjadi mudah, menarik, dan
menyenangkan. Pembelajaran interaktif berbasis komputer dapat membuat siswa untuk lebih termotivasi
dalam belajar secara mandiri. Salah satu bentuk pembelajaran mandiri dengan memanfaatkan perkembangan
ilmu teknologi yaitu pembelajaran dengan modul daring berbasis Creative Problem Solving. Modul daring
berbasis Creative Problem Solving merupakan modul berbasis website yang menggunakan tahapan-tahapan
Creative Problem Solving yang merupakan suatu model pembelajaran yang berpusat pada keterampilan
pemecahan masalah dengan diikuti penguatan kreatifitas.

Published
2020-01-07