Model Peningkatan Sumber Daya Pendidik Pada Madrasah Ibtidaiyah Inklusi Menghadapi Era Society 5.0 dan Revolusi Industri 4.0

  • A M Wibowo Pascasarjana Universitas Negeri Semarang,Jl. Kelud Utara III , Semarang, Indonesia
  • Fakhruddin Fakhruddin Pascasarjana Universitas Negeri Semarang,Jl. Kelud Utara III , Semarang, Indonesia
  • Achmad Rifai Pascasarjana Universitas Negeri Semarang,Jl. Kelud Utara III , Semarang, Indonesia
  • Titi Prihatin Pascasarjana Universitas Negeri Semarang,Jl. Kelud Utara III , Semarang, Indonesia
Keywords: model, peningkatan, kualitas, guru, madrasah inklusi, era society 5.0, revolusi industry 4.0

Abstract

Peningkatan kualitas pendidikan merupakan salah satu prasyarat agar madrasah inklusi bersaing pada era
society 5.0 dan revolusi industry 4.0. Keberadaan madrasah inklusi sebagai lembaga pendidikan Islam yang
melayani peserta didik dengan kebutuhan khusus tidak terlepas dari persaingan global tersebut. Kualitas
sumber daya pendidik madrasah inklusi memegang peran penting dalam proses peningkatan kualitas
pembelajaran di satuan pendidikan. peningkatan kualitas pendidikan tersebut merupakan suatu proses yang
terintegrasi dengan proses peningkatan kualitas sumber daya pendidik itu sendiri. Tulisan ini mencoba
mengkaji model peningkatan sumber daya pendidikan terutama guru madrasah inklusi dalam rangka
meningkatkan kualitas pendidikan bagi peserta didik normal dan peserta didik dengan kebutuhan khusus pada
subyek penelitian Madrasah Ibtidaiyah (MI) Maarif Keji di Kabupaten Semarang di tengah era society 5.0 dan
revolusi industry 4.0. Dengan menggunakan metode kualitatif penelitian ini berhasil menemukan 3 temuan
terkait langkah langkah mengelola madrasah inklusi yaitu; melakukan perencanaan sumberdaya guru inklusi,
inventory sumber daya manusia guru, dan menerapkan strategi pembelajaran inklusi pada madrasah ibtidaiyah
MI Maarif Keji.

Published
2020-01-07