Tantangan Guru Madrasah di Abad 21: Peningkatan Sumber Daya Manusia Guru Madrasah Berbasis Diklat di Era 4.0

  • Amiroh Ambarwatia Universitas Negeri Semarang, Jl. Kelud Utara III, Semarang-50237, Indonesia
  • Totok Sumaryanto Florentinus Universitas Negeri Semarang, Jl. Kelud Utara III, Semarang-50237, Indonesia
  • Rusdarti Rusdarti Universitas Negeri Semarang, Jl. Kelud Utara III, Semarang-50237, Indonesia
  • Achmad Rifai Universitas Negeri Semarang, Jl. Kelud Utara III, Semarang-50237, Indonesia
Keywords: Tantangan, sumber daya manusia, pendidikan dan pelatihan di era 4.0, guru madrasah

Abstract

Sumber daya manusia menjadi jawaban atas kualitas guru madrasah di abad 21 dengan tantangan dan
tanggung jawab semakin berat. Upaya pendidikan dan pelatihan yang disesuaikan dengan keterampilan di era 4.0 diharapkan mampu meningkatkan sumber daya manusia guru madrasah. Penelitian ini bertujuan
mengeksplorasi tantangan guru madrasah di abad 21 dan pendidikan pelatihan berbasis era 4.0. Penelitian ini menggunakan studi literatur. Hasil penelitian ini adalah keterampilan guru di abad 21 serta konsep pendidikan dan pelatihan di era 4.0. Kesimpulan dalam penelitian ini (1) pendidikan dan pelatihan harus memiliki sintaks dari alur critical thingking, yaitu: disposition, criteria, argument, reasoinig, point of view, dan procedures of applying criteria; (2) pendidikan dan pelatihan menggunakan problem based learning; (3) pendidikan dan pelatihan harus menggunakan metode blended learning, yaitu menggabungkan metode konvensional dengan metode berbasis e-learning

Published
2020-01-07