Implementasi Kebijakan Penerimaan Peserta Didik Baru Sistem Zonasi Terhadap Proses Pembelajaran Berbasis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS)

  • Amma Safina Saradifa
  • Eva Yulita
Keywords: Sistem zonasi, Kurikulum 2013, High Order Thinking Skill (HOTS)

Abstract

Dengan adanya sistem zonasi pada penerimaan peserta didik baru, pemerintah mengharuskan siswa
menempuh pendidikan di sekolah yang sesuai dengan domisili masing-masing. Kebijakan ini diharapkan
mampu menyamaratakan kualitas pendidikan di seluruh Indonesia. Namun, pelaksanaan hal tersebut tidak
selaras dengan adanya prosedur Kurikulum 2013 revisi 2018 yang menetapkan adanya kemampuan berfikir
tingkat tinggi pada siswa didalam setiap proses pembelajaran, khususnya pembelajaran bahasa. Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan implementasi kebijakan penerimaan peserta didik baru
sistem zonasi terhadap proses pembelajaran berbasis High Order Thinking Skills (HOTS) di salah satu Sekolah
Menengah Atas kota Pekalongan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dokumen dan interview terhadap salah satu
guru bahasa Inggris di SMA tersebut. Hasil penelitian menunjukkan: (1) tingkat keberhasilan guru dalam
merancang perencanaan pembelajaran sudah berada pada kategori baik, (2) guru mengalami beberapa
kesulitan dalam melaksanakan proses pembelajaran dan penilaian berbasis HOTS dalam sistem zonasi, dan (3)
beberapa dampak dari kebijakan sistem zonasi terhadap proses pembelajaran berbasis HOTS.

Published
2020-01-07