Pengembangan Sistem Informasi Manajemen dalam Peningkatan Mutu Layanan Pendidikan dan Android di Era Revolusi Digital (Society 5.0 dan Revolusi Industri 4.0)

  • Andi Mardiana Paduppai Pascasarjana Universitas Negeri Semarang
  • Wahyu Hardyanto Pascasarjana Universitas Negeri Semarang
  • Agus Hermanto
  • Amir Yusuf
Keywords: Pengembangan SIM, Peningkatan Mutu Layanan, sekolah , Android

Abstract

Latar belakang masalah di era revolusi digital (Society 5.0 dan Revolusi Industri 4.0) untuk
peningkatkan layanan pendidikan di sekolah, Lembaga pendidikan dikatakan berhasil apabila mampu
memenuhi semua kebutuhan pelanggan (siswa, guru, orang tua, dan masyarakat). Rumusan masalah dan
tujuan dalam penelitian ini adalah bagaimana informasi dalam pendidikan memanfaatkan sistem informasi
manajemen sebagai penunjang layanan. Secara sederhana SIM merupakan sarana yang tepat yang dapat
mengantarkan organisasi informasi mengkoordinasikan segenap aspek kebutuhan dalam peningkata mutu
pendidikan.
Pendekatan penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model
pengembangan Borg & Gall dengan langkah-langkah: (1) studi pendahuluan, (2) studi pengembangan, dan (3)
tahap validasi model, (4) hasil model final, dan (5) uji coba terbatas. Teknik sampling yang digunakan adalah
purposive sampling dengan sekolah yang menggunakan SIM di sekolah SMA Makassar. Hasil pengembangan
model dalam penelitian ini adalah model layanan SIM berbasis Android untuk meningkatkan pelayanan mutu
SMA Makassar, yang terdiri dari: 1) rasional, 2) visi dan misi, 3) tujuan, 4) isi/materi layanan SIM berbasis
Android, 5) pendukung sistem, 6) prosedur pelaksanaan layanan, dan 7) evaluasi dan tindak lanjut. Disarankan
dapat melaksanakan SIM yang lebih inovatif dan kreatif dengan layanan berbasis android, karena terbukti
efektif untuk meningkatkan layanan mutu pendidikan di SMA Makassar.

Published
2020-01-07