Aktifitas Math Trail Berbantuan Aplikasi Mobile untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

  • Arif Rahman Hakim
  • Mohammad Asikin Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, Semarang
  • Adi Nur Cahyono
Keywords: Math Trail, MathCityMap, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Abstract

Kemampuan memecahkan masalah dalam dunia nyata merupakan hal yang sangat bernilai, baik dalam
pekerjaan maupun dalam keseharian. Pemecahan masalah matematika dapat dilatihkan dengan mengenalkan
siswa pada masalah non-routine yang berhubungan dengan dunia nyata. Salah satu aktifitas pembelajaran yang
dapat mengakomodasi pengaitan pembelajaran dan dunia nyata adalah math trail. Aktifitas pembelajaran
matematika ini merupakan aktiftas pembelajaran di luar kelas dalam rangka mengeksplorasi dan mengamati
lebih mendalam serta memecahkan masalah matematika secara nyata di lingkungan luar kelas yang dilengkapi
rute penjelajahan dan peta sederhana untuk menemukan matematika. Pemberian rute sekaligus pemberian
masalah akan menggunakan aplikasi mobile MathCityMap yang termasuk didalamnya koordinat tempat
masalah, foto objek masalah, permasalahan, rincian alat yang diperlukan dalam menyelesaikan masalah,
bantuan, tempat pengisian jawaban, sekaligus evaluasi hasil dan pemberian umpan balik. Guru berperan
penting dalam aktifitas ini sebagai trailblazer atau pembuat rute, pencari masalah yang bersifat non-routine
dan berdasarkan masalah asli di lapangan, juga memberikan scaffolding dan umpan balik dalam aplikasi
MathCityMap. Kemudian siswa akan berperan menjadi trailwalker yang akan mengikuti rute yang telah dibuat
oleh trailblazer dan memecahkan masalah yang ada menggunakan alat-alat yang telah disebutkan dalam
MathCityMap sekaligus mengisikan jawaban permasalahan kedalamnya. Diharapkan dengan aktifitas math
trail berbantuan aplikasi mobile MathCityMap, mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah
matematika siswa.

Published
2020-01-07