Keterampilan Mentoleransi Distres Akademik Oleh Konselor Melalui Peningkatan Hardinees pada Siswa: Tantangan Pendidikan Era Society 5.0

Authors

  • Ashari Mahfud

Keywords:

Hardiness, Toleransi Distres Akademik

Abstract

Artiket ini bertujuan untuk memberikan gambaran pentingnya kemampuan mentoleransi distres akademik
yang berikan oleh konselor sekolah pada siswa melalui peningkatan hardiness sebagai wujud persiapan dapan
menghadapi tantangan pendidikan era society 5.0. studi ini melibatkan beberapa hasil penelitian terdahulu
mengenai keterampilan toleransi distres akademik, hardiness, dan pendidikan era Society 5.0. hasil studi
menunjukkan bahwa, tantangan pendidikan era society 5.0 memberikan beberapa harapan kompetensi yang
harus dimiliki oleh siswa, tidak hanya berfokus pada satu kopetensi saja. Hal ini akan memberikan terhadap
tuntutan pendidikan yang lebih berat bagi siswa sehingga mereka rentan mengalami distress akademik. Oleh
sebab itu, penting bagi konselor sekolah untuk mampu meningkatkan aspek hardiness siswa sehingga distress
akademik dapat ditoleransi dengan baik.

Downloads

Published

2020-01-07

Issue

Section

Articles