Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Kelas X

  • Ayu Setyaningrum
  • Mulyono Mulyono
  • Isnaini Rosyidah
Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah, Soal Cerita, Fungsi Komposisi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik
kelas X. Metode yang digunakan adalah penelitian dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah
34 peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Semarang. Data dianalisis secara deskriptif dengan teknik
pengumpulan data melalui metode tes dan non tes. Metode tes berupa soal cerita kemampuan pemecahan
masalah matematika pada materi fungsi komposisi sedangkan metode non tes berupa lembar kuisioner
gabungan dan wawancara terbuka. Berdasarkan data yang diperoleh dari analisis kemampuan pemecahan
masalah matematika peserta didik dapat disimpulkan bahwa keemampuan pemecahan masalah peserta didik
kelas X masih rendah. Meskipun kebanyakan peserta didik sudah dapat memahami masalah yang diberikan
tetapi tidak sedikit peserta didik yang mengalami kesulitan dalam merencanakan penyelesaian, menyelesaikan
masalah, dan memeriksa kembali dari semua langkah yang telah dikerjakan.

Published
2020-01-07