Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Berdasarkan Gaya Belajar Honey dan Mumford

  • Benny Hendriana
  • Budi Waluya Pascasarjana Universitas Negeri Semarang,Jl. Kelud Utara III , Semarang, Indonesia
  • Rochmad Rochmad Pascasarjana Universitas Negeri Semarang,Jl. Kelud Utara III , Semarang, Indonesia
  • Mulyono Mulyono Pascasarjana Universitas Negeri Semarang,Jl. Kelud Utara III , Semarang, Indonesia
Keywords: Gaya belajar, Honey & Mumford, Komunikasi matematis.

Abstract

Penelitian ini bert’ujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa berdasarkan gaya
belajar Honey & Mumford yang meliputi kelompok aktivis, reflector, teoris, dan pragmatis. Jenis penelitian ini
merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 8 siswa kelas VIII MTs Alingga
Sajira, dimana masing-masing 2 siswa mewakili gaya belajar aktivis, reflektor, teoris, dan pragmatis. Data
dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan tes, angket, dan hasil wawancara. Analisis data
kemampuan komunikasi berdasarkan gaya belajar Honey & Mumford menggunakan Teknik triangulasi dari
hasil tes tertulis dengan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa siswa dengan gaya belajar aktivis
kurang mampu memahami, mengintepretasi, dan mengekspresikan ide-ide matematika secara tertulis, tetapi
baik dalam menggunakan notasi matematika dan mampu menyatakan peristiwa sehari-hari dalam Bahasa atau
simbol matematika. Untuk siswa dengan gaya belajar reflektor baik dalam memahami ide matematis dan
menggunakan notasi matematika dan strukturnya, namun kurang dalam mengekspresikan ide-ide matematika
dan menyatakannya dalam peristiwa sehari-hari. Untuk siswa dengan gaya belajar teoris termasuk baik dalam
semua indikator kemampuan komunikasi matematis. Dan untuk gaya belajar pragmatis cukup baik dalam
memahami, mengintepretasi serta mengekspresikan ide-ide matematika dan baik dalam kemampuan
menggunakan notasi serta menyatakan peristiwa sehari-hari ke dalam bahasa atau simbol matematika.

Published
2020-01-07