Mathematical Resilience Siswa pada Pembelajaran Team Assisted Individualization dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematika

Authors

  • Cahya Amalia Chusna Pascasarjana Universitas Negeri Semarang,Jl. Kelud Utara III , Semarang, Indonesia
  • Rochmad Amalia Rochmad Pascasarjana Universitas Negeri Semarang,Jl. Kelud Utara III , Semarang, Indonesia
  • Andreas Priyo Budi Prasetyo Pascasarjana Universitas Negeri Semarang,Jl. Kelud Utara III , Semarang, Indonesia

Keywords:

Mathematical Resilience, Team Assisted Individualization, dan Kemampuan Penalaran Matematis.

Abstract

Penalaran merupakan salah satu aspek penting dalam pembelajaran matematika yang harus dikembangkan
secara konsisten dalam banyak konteks. Namun kenyataannya berbagai penelitian menunjukkan bahwa
kemampuan penalaran matematika siswa tergolong rendah. Upaya untuk meningkatkan kemampuan penalaran
matematika siswa melalui sikap tekun dan gigih siswa dalam menghadapi kesulitan matematika yakni
mathematical resilience. Penelitian-penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa mathematical
resilience memberikan dampak positif pada diri siswa. Siswa dengan mathematical resilience positif, akan
berhasil baik dalam matematika sedangkan siswa mathematical resilience negatif akan kehilangan sikap tekun
dan gigih atau menyerah ketika menghadapi kesulitan. Salah satu solusi untuk mengembangkan mathematical
resilience dengan menerapkan model pembelajaran inovatif yang berpusat pada siswa dan kelompokkelompok
kecil yaitu melalui model pembelajaran tipe team assisted individualization.

Downloads

Published

2020-01-07

Issue

Section

Articles