Tantangan Pendidikan Vokasi di Era Revolusi Industri 4.0 dalam Menyiapkan Sumber Daya Manusia yang Unggul

  • Cahya Fajar Budi Hartanto Pascasarjana Universitas Negeri Semarang,Jl. Kelud Utara III , Semarang, Indonesia
  • Rusdarti Rusdarti Pascasarjana Universitas Negeri Semarang,Jl. Kelud Utara III , Semarang, Indonesia
  • Abdurrahman Abdurrahman Pascasarjana Universitas Negeri Semarang,Jl. Kelud Utara III , Semarang, Indonesia
Keywords: Pendidikan vokasi, Revolusi industri 4.0, SDM unggul

Abstract

Artikel ini berisi hasil penelitian yang mendalami tentang bagaimana seharusnya lembaga pendidikan vokasi
melaksanakan perannya secara optimal dalam mempersiapkan lulusan yang siap memasuki dunia kerja. Tujuan
penelitian ini adalah untuk memberikan masukan kepada pendidikan vokasi untuk menjawab tuntutan yang
semakin hari semakin tinggi. Penelitian ini menggunakan metode kajian pustaka melalui pendalaman literatur
dan hasil penelitian terdahulu. Penelitian bermaksud menjawab dua pertanyaan yaitu bagaimana realita kondisi
pendidikan vokasi saat ini dan apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan vokasi
khususnya dalam menghadapi kemajuan teknologi di era revolusi industri 4.0. Kesimpulan penelitian ini adalah
bahwa masih ada hal-hal yang bisa ditingkatkan lagi seperti peningkatan kompetensi dosen vokasi, penguatan
sinergi dan kolaborasi pentahelix, revitalisasi pendidikan vokasi dengan penambahan teaching factory,
rebranding melalui studi langsung ke industri dan studi banding ke lembaga pendidikan yang sudah lebih maju
baik di dalam maupun luar negeri, serta penambahan karakter pada peserta didik. Dengan demikian,
harapannya, pendidikan vokasi dapat berperan serta secara nyata dalam upaya pencapaian program pemerintah
untuk menjadikan Indonesia maju dengan cara menyiapkan sumber daya manusia yang unggul.

Published
2020-01-07