Penggabungan Artificial Intelligence dan Kecerdasan Alami dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Bahasa Inggris

  • Chyntia Heru Woro Prastiwi
  • Nia Pujiawati
Keywords: Paperrater, Artificial Intelligence, kecerdasan alamiah, menulis Bahasa Inggris

Abstract

Industrial Revolution 4.0 ditandai oleh adanya otomasi dan pertukaran data dimana masyarakat mencari,
mengutip, menganalisis data/informasi, mengakses layanan cloud melalui internet. Sedangkan Society 5.0
didefinisikan sebagai masyarakat yang berpusat pada manusia (human-centered) dimana kemajuan teknologi
dan ekonomi digunakan untuk menyelesaikan masalah dengan menggunakan sebuah sistem yang
mengintegrasikan ruang maya dan ruang fisik. Dalam pembelajaran Bahasa Inggris, khususnya untuk writing
skill, banyak layanan bahasa online tersedia mulai dari tariff free sampai premium, salah satunya adalah
Paperrater. Layanan bahasa ini cukup membantu mahasiswa untuk berlatih menulis dalam Bahasa Inggris
karena mampu memberikan feedback berupa spelling, grammar, word choice, vocabulary, style, transitional
phrases serta menampilkan grade yang mengindikasikan kualitas teks tulisan, mulai dari grade A-B-C-Dtanpa
grade. Akan tetapi, mahasiswa juga perlu dibekali dengan kecerdasan alami yaitu mampu membedakan
grammar dan menggunakan konteks kalimat. Penelitian deskriptif ini bertujuan menggambarkan
penggabungan antara Artificial Intelligence (Paperrater) dengan kecerdasan alami dalam pembelajaran
menulis Bahasa Inggris. Data penelitian ini diambil dari mata kuliah Bahasa Inggris 1 dengan partisipan
mahasiswa jurusan Teknik Informasi dan Teknik Perkapalan. Melalui Paperrater, mahasiswa mampu
membuat komposisi tulisan Bahasa Inggris yang lebih baik dan melalui kecerdasan alami, mahasiswa mampu
membedakan mana feedback yang perlu dilakukan pembetulan dan mana feedback yang harus diabaikan.

Published
2020-01-07