Keterlibatan Orangtua dalam Pendidikan Literasi Digital Anak Usia Dini

  • Muniroh Munawar
  • Fakhruddin Fakhruddin
  • Achmad Rifai
  • Titi Prihatin
Keywords: Orangtua, Literasi Digital, Anak Usia Dini

Abstract

Permasalahan yang sering terjadi dalam dunia pendidikan adalah adanya informasi yang terputus antara apa
yang terjadi di rumah dan di sekolah serta kurangnya berbagi informasi antara sekolah dan rumah. Teknologi
dapat menjembatani hubungan antara sekolah dan rumah sehingga dapat memberikan kesempatan bagi guru
dan keluarga untuk berbagi dan memperluas kesempatan belajar, memberikan dan menerima informasi tentang
pertumbuhan dan perkembangan anak, menciptakan kemitraan, dan memperkuat keterlibatan keluarga.
Keterlibatan orangtua disekolah sebagai bentuk komitmen dan pastisipasi aktif orangtua pada sekolah dan
anak, yang nantinya berujung pada pencapaian kompetensi anak. Tujuan dari penelitian ini adalah
memaparkan tentang keterlibatan orangtua dalam pendidikan literasi digital anak usia dini pada Taman Kanak-
Kanak di Kota Semarang. Penelitian ini mengggunakan metode survei eksploratif dengan melibatkan 120
lembaga Taman Kanak-Kanak. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 26,1 % orang tua sudah
terlibat dalam pendidikan literasi digital anak di sekolah, sedangkan 73,9 % orangtua belum terlibat dalam
pendidikan literasi digital anak di sekolah. Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa keterlibatan orangtua
dalam pendidikan literasi digital anak masih sangat rendah. Oleh karena itu, diperlukan kompetensi dan
peranan orangtua dalam pendidikan literasi digital pada anak usia dini.

Published
2020-01-07