Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantu Media Komik Digital Madel Addie untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia bagi Siswa Kelas V SD Negeri 1 Brecek

  • Musriah Musriah Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia
  • Kuntoro Kuntoro
Keywords: Media Komik Digital, Model ADDIE dan Pendekatan Saintifik

Abstract

Tujuan penelitian ini adalalah untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar bahasa Indoensia melalui
penerapan pendekatan saintifik berbantu media komik digital model ADDIE bagi siswa kelas V SD Negeri 1
Brecek tahun pelajaran 2018/2019. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Brecek. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini menerapkan
pendekatan saintifik dengan berbantu media komik digital yang dikembangkan dengan model ADDIE.
Kreativitas siswa pada kondisi awal ke kondisi akhir meningkat meliputi:siswa mampu mengurutkan gambar
cerita sebesar 63,63%, siswa mampu berpikir kreatif dalam menuliskan cerita berdasarkan urutan gambar
sebesar 36,37 %, hasil karya siswa asli bukan jiplakan/plagiasi sebesar 63,63%, siswa mampu membuat hasil
karya siswa sebesar 50%, siswa mampu melakukan presentasi hasil karya siswa sebesar 68,18%. Hasil belajar
yang diperoleh pada pada kondisi awal ke kondisi akhir terdapat peningkatan hasil belajar dari kondisi awal
61,22, menjadi 74,18 atau meningkat sebesar 12,96 %. Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui penerapan
pendekatan saintifik berbantu media komik digital model ADDIE bagi siswa kelas V SD Negeri 1 Brecek
tahun pelajaran 2018/2019 hasil belajar bahasa Indonesia Kompetensi Dasar 4.8 Menyajikan kembali peristiwa
atau tindakan dengan memperhatikan latar cerita yang terdapat pada teks fiksi meningkat..

Published
2020-01-07