Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Mandiri Berbasis E-Modul

Authors

  • Nafisa Diana Pascasarjana Universitas Negeri Semarang,Jl. Kelud Utara III , Semarang, Indonesia
  • Sukestiyarno Sukestiyarno Pascasarjana Universitas Negeri Semarang,Jl. Kelud Utara III , Semarang, Indonesia

Keywords:

Kemampuan berpikir kritis, pembelajaran mandiri, e-modul

Abstract

Kemampuan berfikir kritis merupakan salah satu poin penting yang akan dicapai dalam pembelajaran matematika
pada kurikulum 2013. Dalam proses pembelajaran, hadirnya media sangat diperlukan sebab memiliki peranan besar
yang mempengaruhi pencapaian tujuan pembelajaran. Salah satu jenis media pembelajaran mutakhir yaitu berbasis
multimedia, berupa alat peraga, modul, lembar kerja siswa (LKS) dan media berbasis ICT yang digunakan untuk
menyampaikan bahan pembelajaran secara interaktif. Selain pemilihan media seorang guru juga harus memilih
model pembelajaran, model yang tepat dalam hal ini adalah model pembelajaran mandiri berbasis e-modul. Tujuan
penelitian ini adalah menguji keefektifan pembelajaran mandiri berbasis e-modul terhadap kemampuan berpikir
kritis. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitaif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa
pembelajaran mandiri efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Siswa dengan kemampuan berpikir
tinggi pada tahap mengidentifikasi asumsi ,mengevaluasi argumen, dan menyimpulkan dilakukan dengan jelas dan
detail. Sedangkan siswa dengan kemampuan berpikir kritis rendah belum mampu mencapai mengevaluasi argumen,
dan menyimpulkan dengan baik.

Downloads

Published

2020-01-08

Issue

Section

Articles