Peran Hands On Activity pada Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis

Authors

  • Nur Ilmia Nisarohmah Pascasarjana Universitas Negeri Semarang,Jl. Kelud Utara III , Semarang, Indonesia
  • Rochmad Rochmad Pascasarjana Universitas Negeri Semarang,Jl. Kelud Utara III , Semarang, Indonesia
  • Isnaini Rosyida Pascasarjana Universitas Negeri Semarang,Jl. Kelud Utara III , Semarang, Indonesia

Keywords:

Hands On Activity, SQ4R, Kemampuan Komunikasi Matematis.

Abstract

Matematika merupakan sebuah ilmu pasti yang menjadi dasar dari ilmu lain, sehingga matematika saling
berkaitan dengan ilmu lainnya. Salah satu kemampuan yang perlu dikembangkan dalam pembelajaran
matematika di sekolah adalah kemampuan komunikasi matematis. Berdasarkan hasil PISA pada tahun 2015
menunjukkan bahwa Indonesia berada peringkat 62 dari 72 negara artinya bahwa kemampuan literasi yang
salah satunya meliputi kemampuan komunikasi matematis khususnya di SMP masih rendah. Salah satu usaha untuk mengembangkan kemampuan komunikasi matematis adalah dengan memberikan inovasi pembelajaran yang mendorong pengembangan kemampuan komunikasi matematis. TAI merupakan pembelajaran yang terdiri dari enam tahapan pembelajaran yaitu: placement test, teams, student creative, team study, team scorer and team recognition, teaching group, fact test, whole-class unit.Pembelajaran TAI ditambah dengan aktivitas-aktivitas dalam pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan komunikasi matematis dalam bentuk hands on activity. Pembelajaran TAI dengan hands on activity akan terbentuk suatu penghayatan dan pengalaman untuk menetapkan suatu pengertian, kerena mampu membelajarkan secara bersama-sama kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik serta dapat memberikan penghayatan secara mendalam terhadap apa yang dipelajari, sehingga apa yang diperoleh oleh siswa tidak mudah dilupakan. Jadi, dari beberapa penjelasan tersebut jelas bahwa Hands on activity berperan untuk melihat kemampuan komunikasi matematis pada pembelajaran TAI.

Downloads

Published

2020-01-08

Issue

Section

Articles