Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Berdasarkan Teori Wallas pada Materi Geometri Kelas VIII

  • Nur Livia Dewi Mashitoh Program Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, Semarang, 50237, Indonesia
  • Y L Sukestiyarno Dosen Program Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, Semarang, 50237,Indonesia
  • Wardono Wardono Dosen Program Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, Semarang, 50237,Indonesia
Keywords: Kemampuan Berpikir Kreatif, Teori Wallas, Geometri

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki dan dikembangkan siswa
dalam pembelajaran matematika sebagai upaya untuk menghadapi tantangan abad 21. Penelitian ini
menggunakan tahapan berpikir kreatif berdasarkan teori Wallas yang terdiri dari empat tahap yaitu
perencanaan, inkubasi, iluminasi, dan verifikasi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis kemampuan
berpikir kreatif berdasarkan teori Wallas pada materi geometri kelas VIII. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari tiga siswa kelas VIII SMP Negeri 3
Rembang yang dipilih secara acak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes dan wawancara.
Triangulasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu triangulasi teknik. Triangulasi teknik dalam penelitian
ini dilakukan dengan membandingkan hasil tes dengan data hasil wawancara subjek dan pencapaiannya. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa subjek penelitian belum terbiasa melakukan tahapan berpikir kreatif Wallas
khususnya pada tahap inkubasi dan verifikasi.

Published
2020-01-08