Kesulitan Belajar dalam Pembelajaran Mata Kuliah Dasar Gerak Pencak Silat pada Mahasiswa PJKR di FIK UNY

  • Nur Rohmah Muktiani Universitas Negeri Yogyakarta, jln Colombo no 1, Yogyakarta 55281, Indonesia.
Keywords: Kesulitan belajar, dasar gerak pencaksilat, PJKR

Abstract

Penelitian diawali adanya keinginan untuk dapat mewujudkan pembelajaran dasar gerak pencaksilat yang
berkualitas. Langkah awal adalah pentingnya memiliki data tentang analisis kebutuhan terutama mengenai
faktor kesulitan belajar yang akan menentukan proses dalam mendesain pembelajaran. Tujuan penelitian ini
adalah mengetahui faktor-faktor kesulitan belajar dalam pembelajaran Dasar Gerak Pencaksilat pada
mahasiswa PJKR FIK UNY. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif menggunakan metode survey dan
instrumen penelitian berupa angket. Validitas instrumen berdasarkan validitas konstruksi. Subyek penelitian
adalah mahasiswa prodi PJKR sebanyak 103 mahasiswa. Mahasiswa tersebut adalah mahasiswa yang sudah
mengikuti perkuliahan Dasar gerak pencak silat. Teknik Analisis data menggunakan analisis diskriptif dalam
bentuk persentase. Hasil penelitian bahwa mahasiswa merasa kesulitan belajar yang bersumber dari faktor
materi yakni tentang peraturan pertandingan (63.10%) dan jurus baku(50,63%), bersumber dari faktor diri
sendiri(27,53%) karena tidak memiliki keterampilan awal(57.28%) dan keterampilan
berbahasa/komunikasi(31.06%), bersumber dari faktor Dosen(12,06%) karena faktor kurang
interaksi(23.30%) dan tugas-tugas pembelajaran (16.50%), dan bersumber dari faktor lingkungan (9,78%)
karena faktor alat (46.60%) dan tempat/hall (33.00).

Published
2020-01-08