Penguatan Karakter dan Literasi Baru pada Sekolah Berbasis Boarding Menjawab Tantangan Era Society 5.0

  • Nur Rohman Unisnu Jepara, 59411
Keywords: Penguatan karakter, Literasi baru, Boarding, Society 5.0

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penguatan karakter dan literasi baru pada sekolah berbasis boarding menjawab tantangan era Society 5.0 di SMP Unggulan Terpadu Bumi Kartini Islamic Boarding School Jepara. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun sumber data berasal dari informan yaitu kepala sekolah, guru, pengasuh boarding, murobbi-murobbiyah dan para siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, pengamatan dan dokumentasi. Teknik penyajian data dilakukan dengan triangulasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan penguatan karakter diintegrasikan ke dalam kurikulum sekolah dan boarding melalui pembiasaan karakter dalam kehidupan sehari-hari dengan pengawalan dan pemberian suri tauladanmeliputinilai kejujuran, keikhlasan, kedisiplinan, ketaatan, kesederhanaan, kebersihan, semangat mencari ilmu, semangat mengaji kitab kuning dan menghafal al-Qur’an, semangat belajar bahasa asing, shalat berjama’ahdan shalat sunnah. Penguatan literasi baru dilaksanakan melalui pembelajaran formal di sekolah dimana para siswa telah dibiasakan mengasah ketrampilan 4C (komunikasi, kolaborasi, kritis dan kreatif) dan di boarding melalui literasi data, literasi teknologi dan literasi sumber daya manusia.Kendala yang dihadapi yaitu terjadi dikotomi antara guru sekolah dengan kepengasuhan danpenyelarasan antara manajemen sekolah dan boarding. Ini menarik untuk dilakukan penelitian berikutnya. Perlu pendekatan menyeluruh, konsep sekolah berbasis boarding terutama dalam memahami siswa-siswi.

Published
2020-01-08