Tingkat Kemampuan Berpikir Geometri Siswa Kelas VIII

Authors

  • Nurul Ma’rifah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia
  • Iwan Junaedi Dosen Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia
  • Mulyono Mulyono Dosen Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia

Keywords:

Kemampuan Berpikir Geometri, Teori Van Hiele, Segiempat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan berpikir geometri siswa kelas VIII menurut teori Van Hiele. Metode yang digunakan adalah penelitian dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri dari 20siswa kelas VIII SMP PT Ulul Abshor Semarang. Data dianalisis secara deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui metode tes dan non tes. Metode tes berupa soal kemampuan berpikir geometri pada materi segiempat sedangkan metode non tes berupa wawancara kepada siswa dan guru. Berdasarkan data yang diperoleh dari analisis kemampuan berpikir geometri siswa dapat disimpulkan bahwa rata-rata tingkat kemampuan berpikir geometri siswamasih berada pada tingkat pre 0 (level terendah) yaitu baru mampu mengenal bangun segiempat dari bentuknya, namun tidak sedikit siswa yang mengalami kesulitan mendefinisikan bangun datar, belum mampu mengetahui aturan melabeli bangun, persamaan dan perbedaan segiempat, menerapkan model geometri dan sifat-sifatnya dalam pemecahan masalah.

Downloads

Published

2020-01-08

Issue

Section

Articles