Kemampuan Representasi Matematis Siswa pada Model Auditory Intellectually Repetition (AIR)

  • Rahastri Pundhi Sari Program Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, Semarang, 50237, Indonesia
  • S B Waluya Program Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, Semarang, 50237, Indonesia
  • Supriyadi Supriyadi Program Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, Semarang, 50237, Indonesia
Keywords: Representasi Matematis, Auditory Intellectually Repetition, pemecahan masalah matematika

Abstract

Pembelajaran matematika khususnya di kelas masih belum melibatkan siswa secara optimal. Proses
pembelajaran yang melibatkan siswa secara penuh dan aktif (student-centered) akan membantu siswa dalam membangun dan mengkonstruk ide-ide matematis secara mandiri. Salah satu kemampuan yang dapat meningkatkan ketercapaian tujuan dalam menyelesaikan permasalahan matematika yakni kemampuan representasi matematis siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan kemampuan representasi matematis siswa dalam menyelesaikan pemecahan masalah matematika dengan model AIR. Representasi adalah suatu bentuk interpretasi dari pemikiran siswa terhadap suatu masalah yang digunakan sebagai alat bantu dalam menemukan solusi dari permasalahan tersebut. Bentuk representasi yang muncul dari setiap siswa tentu berbeda-beda. Representasi dapat berupa kata-kata, tulisan, gambar, tabel, grafik, simbol matematika, dan sebagainya sesuai kemampuan siswa tersebut. AIR adalah singkatan dari Auditory, Intelectually and Repetition. Pembelajaran seperti ini akan efektif apabila memperhatikan tiga hal tersebut. Belajar bermodel auditory yaitu belajar mengutamakan berbicara dan mendengarkan. Intellectually bermakna bahwa belajar haruslah menggunakan kemampuan berpikir (mind-on), haruslah dengan konsentrasi pikiran dan berlatih menggunakannya melalui bernalar, menyelidikan, mengidentifikasi, menemukan, mencipta, mengonstruksi, memecahkan masalah, dan menerapkan. Sedangkan pada aspek ketiga yaitu repetition merupakan pengulangan dengan tujuan memperdalam dan memperluas pemahaman siswa yang perlu dilatih melalui pengerjaan soal, pemberian tugas dan kuis.

Published
2020-01-08