Kemampuan Koneksi Matematis siswa melalui Model Pembelajaran Preprospec Menggunakan Edmodo

Authors

  • Ranggamurti Iswara Pascasarjana Universitas Negeri Semarang,Jl. Kelud Utara III , Semarang, Indonesia
  • Dewi N.R Nino Adhi Pascasarjana Universitas Negeri Semarang,Jl. Kelud Utara III , Semarang, Indonesia
  • Nur A. Cahyono Pascasarjana Universitas Negeri Semarang,Jl. Kelud Utara III , Semarang, Indonesia

Keywords:

Kemampuan koneksi matematis, Preprospec, edmodo

Abstract

Salah satu penyebab rendahnya kualitas pemahaman siswa dalam pembelajaran matematika yaitu guru terlalu
berkonsentrasi pada hal-hal prosedural dan mekanistik seperti pembelajaran yang berpusat pada guru, konsep
matematika sering disampaikan secara informatif dan siswa dilatih menyelesaikan banyak soal tanpa
pemahaman mendalam. Hal ini membuat kepercayaan diri untuk mengeksplorasikan kemampuan siswa
terhambat sehingga siswa tidak mampu mengikuti pelajaran dengan baik. Sedangkan pembelajaran
matematika pada kurikulum 2013 diharapkan mampu membuat siswa memahami konsep, mengaitkan
antarkonsep, mengaplikasikan konsep,akurat, efesien dan tepat dalam pemecahan masalah.Dalam tujuan
tersebut mengaitkan antarkonsep merupakan kemampuan koneksi matematis. Koneksi matematis merupakan
kemampuan mengaitkan antarkonsep matematika, antara matematika dengan materi lain dan antara
matematika dalam kehidupan sehari-hari. Untuk menunjang kemampuan koneksi guru harus mendesain dan
memilih model pembelajaran yang sesuai dengan tema dan kemampuan yang dicapai oleh siswa.penulis
mencoba untuk menggali model pembelajaran Preprospec dimana model pengajarannya bercirikan pra
pemaparan, problem solving, presentation, evaluation dan conclusion. Penggunan model ini agar siswa dapat
membandingkan kemampuannya sendiri dengan kemampuan siswa lain sehingga mendapatkan motivasi untuk
memperbaiki diri.

Downloads

Published

2020-01-08

Issue

Section

Articles