Model Pembelajaran Inkuiri Blended Learning Strategi Flipped Classroom dengan Media Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis

Authors

  • Rini Nurhayati Pascasarjana Universitas Negeri Semarang,Jl. Kelud Utara III , Semarang, Indonesia
  • S. B. Waluya Pascasarjana Universitas Negeri Semarang,Jl. Kelud Utara III , Semarang, Indonesia
  • T. S. Noor Asih Pascasarjana Universitas Negeri Semarang,Jl. Kelud Utara III , Semarang, Indonesia

Keywords:

Inkuiri, blended learning, media interaktif, gnomio, adobe flash cs6, geogebra, quizizz, berfikirkritis

Abstract

Pembelajaran matematika di sekolah saat ini harus menyesuaikan dengan perkembangan ilmu pengetahuan
dan teknologi menghadapi society 5.0 dengan mengintegrasikan berbagai inovasi di era revolusi indrustri 4.0.
Menghadapi tantangan society 5.0, dibutuhkan individu dengan kemampuan berpikir kritis. Model
pembelajaran inkuiri blended learning mengkombinasikan pembelajaran tatap muka dan belajar secara
online dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri. Strategi flipped classroom dilakukan dimana
konten-konten berupa materi, video, tugas, diskusi dan tes kompetensi diberikan oleh guru secara online
sebelum maupun sesudah pembelajaran tatap muka melalui Learning Management System (LMS) berbasis
Gnomio, dan siswa dapat mengaksesnya di rumah masing-masing. Pengembangan LSM dibuat dengan
Gnomio, sedangkan media interaktif dibuat dengan program Adobe Flash CS6, GeoGebra, dan Quizizz
dengan memperhatikan karakteristik pembelajaran inkuiri dan kemampuan berfikir kritis. Model Pembelajaran
inkuiri blended learning dengan media interaktif, akan menghasilkan pembelajaran aktif, menarik,
menyenangkan dan berpusat pada siswa, serta dapat merangsang proses berfikir kritis matematis menjadi
meningkat.

Downloads

Published

2020-01-08

Issue

Section

Articles