Penerapan Model Siklus Belajar (Learning Cycle) dengan Pendekatan STEM Untuk Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa

  • Rinto Rinto Pascasarjana Universitas Negeri Semarang,Jl. Kelud Utara III , Semarang, Indonesia
Keywords: Model Pembelajaran Siklus Belajar (Learning Cycle)dengan pendekatan STEM, Keterampilan Proses Sains

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji coba penggunaan model siklus belajar dengan pendekatanSTEM pada konsep
Bioteknologi untuk mendapatkan gambaran efektivitasnya dalam meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa
SMK, serta memperoleh gambaran tanggapan siswa dan guru terhadap model siklus belajar (Learning Cycle)dengan
pendekatan STEM yang diterapkan. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain the
randomized pretest-posttest control group design yang dilaksanakan di kelas X SMKKhaira Ummahjurusan
Keperawatan di Kabupaten Cirebon. Teknik pengambilan sampel dengan metode cluster random sampling.
Pengumpulan data dilakukan dengan pretest dan posttest, lembar observasi untuk mengamati keterlaksanaan
pembelajaran, angket untuk mengetahui tanggapan guru dan siswa terhadap penerapan model siklus belajar
(Learning Cycle)dengan pendekatan STEM. Pengolahan data dilakukan dengan statistik uji t untuk beda rerata. Hasil
penelitian diperoleh rata-rata N-gain keterampilan proses sains 0,306 untuk kelas kontrol dan 0,490 untuk kelas
eksperimen. N-gain tertinggi keterampilan proses sains kelas kontrol sebesar 0,581 dan terendah sebesar 0,080. Guru
dan siswa memberikan tanggapan positif terhadap penerapan model siklus belajar (Learning Cycle dengan
pendekatan STEM. Disimpulkan bahwa model siklus belajar (Learning Cycle)dengan pendekatan STEM secara
signifikan dapat lebih meningkatkan keterampilan proses sains siswa dibandingkan dengan model pembelajaran
konvensional.

Published
2020-01-08