Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Langkah Polya

  • Risma Astutiani Pascasarjana Universitas Negeri Semarang,Jl. Kelud Utara III , Semarang, Indonesia
Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah (KPM), soal cerita, dan langkah Polya

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika dalam
menyelesaikan soal cerita pada materi program linear. Terdapat beberapa langkah dalam memecahkan masalah
matematika. Menurut Polya (1973: 5), terdapat empat langkah yang dapat dilakukan untuk menyelesaikan
masalah, yaitu (1) memahami masalah; (2) perencanaan pemecahan masalah; (3) melaksanakan perencanaan
pemecahan masalah; dan (4) melihat kembali kelengkapan pemecahan masalah. Subjek penelitian terdiri 5
siswa yang dipilih secara acak dari 44 siswa pada kelas XI IPA Keterampilan Operasi Komputer di MAN 2
Banjarnegara. Pemilihan acak tersebut yaitu satu anak yang belum bisa menyelesaikan masalah matematika
sesuai langkah Polya, dan masing-masing satu anak mewakili setiap langkah Polya. Pengumpulan data adalah
ter tertulis, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data adalah deskripif presentase. Hasil penelitian
menunjukkan terdapat 1 siswa atau dari jumlah siswa tidak dapat menyelesaikan masalah matematika
sesuai langkah Polya, 9 atau siswa yang dapat menyelesaikan masalah sesuai langkah Polya sampai
langkah kesatu, 19 atau siswa yang dapat menyelesaikan masalah sesuai langkah Polya sampai langkah
kedua, 14 atau anak yang dapat menyelesaikan masalah sesuai langkah Polya sampai langkah ketiga,
dan 1 atau anak yang dapat menyelesaikan masalah sesuai langkah Polya sampai langkah keempat atau
mengerjakan secara lengkap dan benar.

Published
2020-01-08