Identifikasi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis pada Soal Open-Ended

  • Rizka Maullaydia Kusuma Dewi Pascasarjana Universitas Negeri Semarang,Jl. Kelud Utara III , Semarang, Indonesia
  • Rochmad Rochmad Pascasarjana Universitas Negeri Semarang,Jl. Kelud Utara III , Semarang, Indonesia
  • Dwijanto Dwijanto Pascasarjana Universitas Negeri Semarang,Jl. Kelud Utara III , Semarang, Indonesia
Keywords: Kemampuan Berpikir Kreatif, Open-ended, SMP Negeri 3 Temanggung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada soal open-ended
kelas VII di SMP Negeri 3 Temanggung. Subyek di ambil dari siswa dengan kategori kemampuan matematika
tinggi (S1), sedang (S2) dan rendah (S3) pada kelas VII D. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
adalah dengan menggunakan metode tes, think aloud, dan wawancara. Keabsahan data dilakukan dengan
triangulasi teknik yaitu dengan membandingkan data hasil tes, think aloud, dan wawancara. Teknik analisis
data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian
diperoleh bahwa siswa dengan kemampuan matematika tinggi (S1) memenuhi tiga aspek berfikir kreatif yaitu
fluency, flexibility, serta elaboration sedangkan untuk aspek originality (S1) belum memenuhi karena
ketidakyakinan dalam menjawab soal. Pada siswa dengan kemampuan matematika sedang (S2) siswa hanya
mampu memenuhi dua aspek berfikir kreatif yaitu fluencydanflexibility setelah dilakukan upaya pendalaman
(S2) belum terbiasa dengan soal-soal open ended. Sedangkan untuk (S3) siswa dengan kemampuan
matematika rendah tidakmememenuhikeempataspekberpikirkreatif. Berdasarkan data yang diperoleh, masih
rendahnya kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VII dikarenakan sekolah tidak membiasakan
pembelajarandengan soal open-ended untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif.

Published
2020-01-08