Persepsi Guru Terhadap Penggunaan Socrative Sebagai Media Penilaian Interaktif

  • Sri Wahyuni
  • Jan Mujiyanto
  • Dwi Rukmini
  • Sri Wuli Fitriati
Keywords: Persepsi, guru, teknologi, Socrative, penilaian interaktif

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi di dunia pendidikan hendaknya disambut baik oleh guru dan dijadikan
pendorong untuk mengadopsi teknologi bagi kepentingan pembelajaran. Dengan memanfaatkan teknologi
guru akan mampu memfasilitasi pembelajaran bermakna bagi siswa. Teknologi dapat dioptimalkan untuk
membantu guru pada tahap persiapan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran. Dalam tahap penilaian guru
dapat memanfaatkan berbagai macam aplikasi pembelajaran, salah satunya adalah Socrative. Aplikasi
Socrative merupakan Web-based Student Responsive System (WSRS) yang dapat digunakan sebagai media
pembelajaran di kelas dan memfasilitasi guru semua mata pelajaran mendesain instrumen penilaian interaktif.
Artikel ini focus mengeksplorasi pengalaman para guru setelah mengikuti pelatihan Socrative untuk
mendesain dan menjalankan instrumen penilaian. Oleh karena itu pendekatan deskriptif kualitatif dengan studi
kasus dipilih sebagai desain penelitian. Studi ini melibatkan 30 guru mata pelajaran pada sebuah SMPN di
kota Semarang. Sesudah pelatihan Socrative, para guru memperoleh pengalaman yang menarik dan merespon
positif penggunaan aplikasi Socrative. Selain itu, mereka berpendapat bahwa kompetensi pedagogi terkait
penggunaan teknologi juga meningkat. Hal ini dibuktikan para guru mampu mendesain instrumen penilaian
berbasis aplikasi Socrative dan menjalankannya di kelas.

Published
2020-01-08